Breaking News : Survey Hanya 21% Penduduk Dunia Yang Menolak Palestina Merdeka

Posted: Juni 9, 2012 in ISLAM, sharing n completed, Warning

Minggu ini pemimpin negara Palestina akan menghadap PBB demi mendapatkan pengakuan sebagai negara merdeka dan meraih keanggotaan penuh dalam organisasi dunia tersebut.

Presiden Otoritas Nasional Palestina Mahmoud Abbas, yang sudah muak dengan negosiasi yang berakhir dengan kegagalan, mengaku sudah mengantongi dukungan dari berbagai negara khususnya yang berasal dari benua Afrika.

Namun langkah ini mendapat tentangan terutama dari pihak Israel dengan back up dari AS. AS bahkan berencana memveto langkah tersebut jika pada akhirnya PBB mensahkan perubahan tersebut.

Lalu bagaimanakah sebenarnya pandangan seluruh rakyat dunia mengenai langkah ini?

Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh kantor berita BBC, ternyata banyak masyarakat dunia yang mendukung pengakuan Palestina sebagai negara merdeka.

Poling yang dilakukan di 19 negara ini menemukan fakta bahwa sekitar 49% responden mendukung proposal yang dilakukan Presiden Mahmoud Abbas sementara hanya 21% responden yang menolak langkah tersebut.

Bekerja sama dengan GlobeScan, hasil poling yang mendukung langkah tersebut kebanyakan diraih dari berbagai negara muslim, termasuk rakyat di Cina. Bahkan di negara yang pemerintahnya menolak langkah tersebut, ternyata banyak dari masyarakatnya yang menyatakan mendukung.

Baik AS dan Filipina punya 36% suara yang menolak resolusi. Namun ada 45% orang Amerika dan 56% orang Filipina yang mendukung pengakuan tersebut.

Dukungan yang paling terendah didapatkan dari India dimana hanya ada sekitar 32% masyarakat yang mendukungnya dan 25% menolaknya, sementara itu sisanya menolak untuk memutuskan.

Dukungan yang terkuat datang dari Mesir dimana hampir seluruh penduduknya (90%) mendukung dan hanya 9% dari mereka menolak.

Opini masyarakat di tiga negara besar Uni Eropa juga memberikan pendapat yang sama, baik Prancis (54% mendukung, 20% menolak), Jerman (53% mendukung, 28% menolak) dan Inggris (53% mendukung dan 26% menolak), hampir seluruh masyarakatnya mendukung rencana tersebut.

Di Indonesia sendiri, ada sekitar 51% rakyat yang mendukung dan hanya 16 orang yang bertentangan. Dukungan penuh juga didapatkan dari warga Turki dimana 60% diantara mendukung langkah pengakuan tersebut dibandingkan dengan 19% yang menolak.


klik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s