Dosa-dosa Seksual Para Pastor di Gereja Katolik Roma

Posted: Februari 27, 2011 in Warning

Gereja Katolik Roma belakangan ini sedang mendapat sorotan tajam. Semua itu merupakan buah dari mencuatnya kasus  pelecehan seks terhadap anak-anak (pedofilia) yang dilakukan oleh sejumlah pastor di beberapa negara Eropa, Amerika Serikat, dan Australia. Seperti ilalang yang terbakar, api menjalar dengan cepat memangsa sekitarnya tanpa bisa segera dibendung.

Sebagaimana dilansir The Economist, skandal seksual itu menjalar cepat melebihi skandal serupa yang menyebar di sekujur Amerika Serikat dalam beberapa tahun belakangan yang merugikan gereja hingga lebih dari US$ 2 miliar untuk biaya kompensasi korban atas kasus-kasus pelecehan itu. Kecuali itu, dalam beberapa pekan sekurangnya diketahui ada sekitar 350 korban pelecehan di Belanda, lebih dari 300 di Jerman dan Austria.

Di Brazil seorang pastor dan dua monsinyur dicekal dari gereja atas dugaan membuat video seks yang melibatkan seorang remaja. Sebagian besar kasus-kasus lainnya datang dari masa lalu ketika gereja kurang menyadari bahaya mengerikan yang diakibatkan oleh pelecehan seksual, dan masa sebelum pengawasan melekat yang ketat diberlakukan gereja.

Dari beberapa kasus di masa silam itu malah menyentuh sejumlah rohaniwan yang masih hidup dan memangku jabatan penting. Salah satunya adalah Uskup Agung Irlandia Kardinal Sean Brady, yang mengaku terlibat dalam sebuah penyelidikan pada 1975 ketika dua bocah berusia 10 dan 14 tahun dipaksa bersumpah untuk tidak bercerita tentang penderitaan mereka. Pelakunya, mesti dikucilkan gereja, tak sekalipun pernah dilaporkan ke polisi. Kini kobaran itu menjalar hingga ke Vatikan.

2000, JULI, INGGRIS:

Kardinal London Murphy-O’Connor mengaku bersalah telah membiarkan seorang pastor pedofilia (seseorang yang memiliki ketertarikan atau hasrat seksual terhadap anak-anak yang belum memasuki masa remaja) tetap berkhotbah pada 1980-an. Pada 1997 pastur itu akhirnya dihukum setelah terbukti melakukan pelecehan seksual terhadap sembilan laki-laki selama 20 tahun.

2002, JUNI, AMERIKA SERIKAT:

Konferensi Uskup Katolik Amerika Serikat memerintahkan penyelidikan terhadap seluruh kasus-kasus pelecehan seksual.

2004, FEBRUARI, AMERIKA SERIKAT:

Total ada 10.667 orang yang menuntut keadilan terhadap 4.392 pastor dari total 109.694 pastor di Amerika Serikat. Lebih empat ribu pastor itu dituduh melakukan pelecehan seksual selama 1950-2002. Tak semua kasus disidang karena sebagian besar pelakunya sudah wafat.

2004, JULI, AUSTRIA
Muncul foto-foto sejumlah pastor yang mencium dan meraba-raba tubuh peserta seminari –sekolah pastor– di Diosis Santo Poelten.

2008, APRIL, AMERIKA SERIKAT:

Paus Benediktus menemui korban-korban pelecehan seksual oleh sejumlah penginjil

saat melawat ke Amerika Serikat. Serikat Gereja Amerika Serikat mengeluarkan biaya kompensasi sebesar US$ 2miliar untuk para korban pelecehan sejak 1992.

2008, JULI, AUSTRALIA:

Paus Benediktus meminta maaf atas pelecehan seksual yang dilakukan sejumlah penginjil di sana. “Itu perbuatan setan,” kata Paus mengutuk pelecehan seks itu saat melawat ke Negeri Kanguru itu. “Pelakunya mesti dihukum!” Alhasil ada 107 pelaku yang dihukum terkait pelecehan seks di sana.

2008, OKT, KANADA:

Uskup Raymond Lahey didakwa memiliki dan membeli pornografi anak. Padahal di awal tahun itu pula ia mengawasi penyaluran dana kompensasi US$ 12 juta untuk korban-korban pelecehan seksual yang terjadi pada 1950-an.

2009, MARET, MEKSIKO:

Paus Benediktus memerintahkan pemeriksaan terhadap pastor-pastor ordo atau serikat atau kongregasi Legiun Kristen setelah pendirinya Romo Marcial Maciel terbukti melakukan penganiayaan seksual pada 2006. Paus meminta Romo Maciel pensiun dan menghabiskan sisa hidupnya untuk berdoa dan bertobat. Maciel wafat pada 2008.

2009, MEI, IRLANDIA:

Komisi Gereja meminta digelar penyelidikan atas pemukulan dan pemerkosaan anak oleh sejumlah pastor selama beberapa dasawarsa yang terjadi di dalam tubuh lembaga-lembaga Katolik di sana.

2009, DESEMBER, IRLANDIA:

Setelah bertemu dua pimpinan Gereja Katolik Irlandia Paus mengaku marah, malu, dan merasa dikhianati atas sejumlah skandal di sana.

2010, FEBRUARI, JERMAN:

Uskup Agung Robert Zollitsch, yang memimpin Konferensi Keuskupan Jerman meminta maaf atas pelecehan seksual yang dilakukan para rohaniwan Katolik di sana menyusul adanya lebih dari 100 laporan kasus pelecehan seksual di Sekolah Asrama Jesuit di seluruh Negeri Bavaria itu.

2010, MARET, BELANDA:

Lebih dari 300 korban pelecehan seksual melapor dalam beberapa pekan ini setelah media melaporkan tiga pastor dari Ordo Salesian melakukan pelecehan seksual beberapa dasawarsa lalu di sebuah pondokan Katolik di sana.

2010, FEBRUARI, IRLANDIA:

Paus menggelar rapat darurat dengan 24 Uskup Irlandia di Tahkta Suci Vatikan. Tak lama kemudian Vatikan menyatakan pelecehan seksual oleh para penginjil merupakan suatu kejahatan yang keji. Vatikan meminta para uskup di sana untuk berkomitmen dan bekerjasama dengan pihak berwajib guna pengusutan kasus-kasus pelecehan itu. [taz/ap, independent, reuters, tempo]

 

sumber : klik

 

Iklan
Komentar
  1. leon mandagi berkata:

    semua perbuatan itu adalah perbuatan yang diakibatkan oleh merosotnya intensitas doa para hamba Tuhan. sekiranya mereka rajin berdoa dan terus berpegang teguh pada janji imamatnya, itu tak akan terjadi.. selain itu, faktor yang terpenting lainnya yaitu, setan mulai merongrong eksistensi gereja Katolik Roma dari dalam gereja itu sendiri, lewat kaum klerus yang mengalami konflik kemerosotan iman. TAPI, SAYA YAKIN, TUHAN BEKERJA DENGAN CARA YANG TAK BISA DIPAHAMI OLEH MANUSIA. PRO ECCLESIA ET PATRIA!!!!!!

    Suka

  2. GEOVANI LEONARUDUS berkata:

    selain itu, semua invasi itu hanyalah strategi para pihak yang tak bertanggung jawab, dan semata-mata bertujuan menjatuhkan gereja katolik. Katolik Roma merupakan agama yang dianut oleh lebih dari 70% masyarakat bumi… karena memang itulah realita iman yang ada… HAI KAMU PARA INVATOR YANG BERPIKIRAN ANAK-ANAK!!! BERTOBATLAH, KARENA SESUNGGUHNYA YANG ANDA HADAPI BUKANLAH MANUSIA ITU SENDIRI. MELAINKAN “ALTERA CHRISTI” CERMINAN DAN HAMBA ALLAH DI DUNIA INI. YANG ANDA HADAPI ADALAH TUHAN ITU SENDIRI… SALAM DAMAI UNTUK KITA SEMU…. DOMINUS VOBIS CUM!!!!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s