Profesor AS Lirik Pembelajaran Evolusi di Dunia Islam

Posted: Februari 26, 2011 in Khazanah, sharing n completed

Perdebatan sengit atas pengajaran evolusi di sekolah publik telah merajalela di seluruh AS sejak cerita pertempuran ruang sidang antara William Jennings Bryan dan Clarence Darrow sepanjang tahun 1925 Scopes Monkey Trial (Negara Bagian Tennessee melawaan John Scopes). Para peneliti pendidikan ilmiah sekarang mengalihkan perhatian mereka pada dunia Islam untuk menentukan apakah pengajaran evolusi di sekolah-sekolah melahirkan kontroversi sosial yang sama dan apa arti dari penentuan tersebut untuk masa depan pemikiran ilmiah di seluruh dunia.

Jason Wiles, asisten profesor biologi di Perguruan Tinggi Seni dan Ilmu Pengetahuan Universitas Syracuse, akan menyajikan ” Teaching and Learning about Biological Evolution in the Muslim World” (Pengajaran dan Pembelajaran tentang Evolusi Biologi di Dunia Muslim) pada Jum’at (18/2) dalam pertemuan tahunan 2011, Asosiasi Amerika untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan di Washington. Wiles juga adalah seorang direktur asosiasi Pusat Penelitian Pendidikan Evolusi di Universitas McGill, Montreal.

Wiles akan menyajikan hasil pendahuluan dari sebuah studi empat tahun dari lima negara dengan sebagian besar populasi Muslim menyangkut pemahaman Islam tentang evolusi dan sikap-sikap terhadap pengajaran subjek tersebut. Studi tersebut meliputi survei para guru, profesor universitas, dan para siswa sekolah menengah atas di Indonesia, Pakistena, Mesir, Libanon, dan Turki, begitu juga populasi Muslim di Kanada. Didanai oleh Dewan Penelitian Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan Kanada, studi tersebut dilaksanakan oleh Wiles, Brian Alters dan Anila Asghar dari Universitas McGill, dan Saouma BouJaoude dari Universitas Amerika Beirut. Para peneliti tersebut berencana untuk memperluas jangkauan studi pada tambahan enam negara Muslim dan pada populasi Muslim di AS.

“Salah satu dari penemuan yang paling menarik ketika membicarakan tentang Islam dan evolusi adalah, tidak hanya ada satu cara pemikiran Muslim tentang evolusi,” Wiles mengatakan. “Pemikiran tentang evolusi di dunia Muslim sama beragamnya dengan yang akan anda harap bisa ditemukan di dunia Barat. Pengajaran evolusi akan sangat beragam di setiap negara dan sikap-sikap kebudayaan di dalam negara tersebut.”

Presentasi Wiles adalah bagian dari symposium, “The Challenge of Teaching Evolution in the Islamic World” (Tantangan Pengajaran Evolusi di Dunia Islam), di Pusat Konvensi Washington. Euginie C. Scott, direktur eskekutif Pusat Nasional untuk Pendidikan Ilmu Pengatahuan (National Center for Science Education – NCSE), penyelenggara dan akan memimpin sesi tersebut.

Bergabung dengan Wiles, Taner Edis dari Universitas Negeri Truman, menyajikan “A Brief History of Islamic Creationism in Turkey” dan Salman Hameed dari Perguruan Tinggi Hampshire, menyajikan ” The Future of Acceptance of Evolution in the Muslim World” (Masa Depan Penerimaan Evolusi di Dunia Muslim).

Wiles mendapatkan gelar sarjana di Universitas Harding, sebuah perguruan tinggi Kristen di Arkansas. Ia juga memegang sebuah gelar M.S.T dari Universitas Portland, sebuah M.S. dari Universitas Mississippi, dan sebuah Ph.D (doktoral) dari Universitas McGill. Sebagai tambahan untuk penunjukannya dalam Departemen biologi di Perguruan Tinggi Seni dan Ilmu Pengetahuan Universitas Syracuse, Wiles adalah seorang anggota Departemen Pengajaran Ilmu Pengetahuan. Upaya penelitiannya berfokus pada pengajaran dan pembelajaran evolusi. Ia juga telah menulis tentang kebijakan dan politik seputar pengajaran dan pembelajaran di negara bagian asalanya, Arkansas dan melanjutkan bekerjasama dengan para guru dan mahasiswa di negara bagian tersebut.

Perguruan Tinggi Seni dan Ilmu Pengetahuan di Universitas Syracuse adalah salah satu dari perguruan tinggi seni liberal utama di negara bagian tersebut. Dengan sebuah kurikulum yang menekankan pembelajaran antar disipliner, penelitian, layanan, dan inisiatif, Perguruan Tinggi tersebut mempersiapkan para siswa untuk tempat kerja global dan untuk melanjutkan studi di program sarjana dan sarjana muda.

Refren : klik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s